Pasar Klewer Solo Terbakar 27-12-2014

Sabtu malam 27 Desember 2014 ketika saya mau nutup pintu untuk istirahat, mendengar tetangga depan rumah bilang "klewer kobongan, kae kethok seko tingkat" (pasar klewer kebakaran, tuh kelihatan dari lantai 2". Rasa kantuk pun hilang, ingin segera tahu kondisi kebakaran di Pasar Klewer.

waktu menunjukkan pukul 20:33 sementara kebakaran seperti yg diberitakan solopos.com mulai pukul 20:00. Saya segera mengajak isteri untuk melihat dari dekat suasana kobongan tersebut. Baru 1 km dari rumah, kondisi jalanan gelap, rupanya ada pemadaman yang disengaja oleh pihak PLN. Lalulintas ruwet nan semrawut, banyak pengendara yang ingin ke arah Pasar Klewer.

Walau jalanan macet parah, alhamdulillah bisa mendekati kawasan Coyudan (700 meter barat pasar klewer) setelah memarkir sepeda motor di emperan toko (yang saat parkir masih sepi, belum dijaga polis), saya bersama isteri berjalan ke arah timur mendekati pasar klewer.

Masyarakat sudah memadati radius 100an meter sebelah barat pasar. Ada yang terus istighfar, syok dan pasrah. Saya sendiri sabtu pagi sempat mampir pasar Klewer untuk beli sepasang sandal BATA, ndak tau sekarang kondisi toko sandalnya barangkali sudah jadi abu.

Tidak ada satu jam saya berada dekat lokasi, akhirnya pulang dan buka berita. solopos menulis bahwa sampai pukul 22:00 sekitar ada 700 kios yang terbakar. Innalillahi wa inna lillahi rojiun. Turut bersedih dan prihatin dengan musibah ini, kebetulan ada beberapa kenalan yang mempunyai kios pakaian/batik di sana :(.

Semoga Allah mengganti yang lebih baik. Amin.

Api melahap pasar klewer. foto doc pribadi

Angin kencang membuat api makin berkobar melumat pasar klewer
rekaman kebakaran Pasar Klewer dari arah barat (emperan toko emas, ndak sempat lihat papan nama)




Pagi hari (ahad 28 Desember) jam 07:00 pasar asap tebal di pasar klewer masih membumbung tinggi.
Asap tebal pasar klewer dari alun-alun selatan solo

drone memantau titik kebakaran pasar klewer

ludes, bagian belakang/selatan pasar klewer

suplay air pemadam di depan pasar klewer

petugas pemadam di lantai2 barat selatan

semprotan air memadamkan api di bagian depan timur

0 komentar:

Posting Komentar